Menjadi Marketing Handal



Menjadi seorang marketing yang Handal

Bagi Kebanyakan Orang tua dahulu (Mungkin hingga saat ini ) bidang pekerjaan sebagai tenaga penjual bukan masuk dalam urutan menantu idaman,atau bukan bidang pekerjaan yang bisa di banggakan.Namun jika di tekuni dengan semangat pantang mundur sebelum closing,maka bidang pekerjaan ini bisa memberikan kenyamanan sama seperti yang bidang pekerjaan yang memiliki gaji pasti.

Untuk menjadi seorang marketing handal maka harus memiliki modal kerja antara lain.

1.Tau target market

hal ini berkaitan dengan segmen pasar yang akan kita tuju,sebelum menjual maka kita harus memahimi target kepada siapa kita akan menjual produknya.

Contoh 

Jika kita menjual produk baju anak,maka target pembeli kita adalah ibu-ibu dengan rentan usia 22-45 tahun yang memiliki anak,atau memiliki minat berjualan baju anak seperti yang di lakukan oleh GBA

2.Kenali Kompetitor

Saat memutuskan terjuan penjualan suatu produk,maka dilihat jumlah kompetitor yang ada,lakukan riset mengenai sistem yang dilakukan kompetitor,cari tau kelebihan serta kekurangan dari kompetitor,cara pelayanan ke konsumen.

dan bentuk sebuah sistem yang bisa melengkapi kekurangan dari kompetitor

3.Pahami kebutuhan konsumen

Setelah memahami dan mengenali kompetitor maka kita akan bisa melengkapi kekurangannya tersebut sehingga apa yang menjadi kebutuhan konsumen bisa di penuhi oleh kita

4.Tunjukan kesan baik saat berkenalan

Entah melalui pertemuan langsung atau melalui percakapan via chating,telpon maka kita sebagai marketing wajib memberikan kesan baik di pertama berkenalan,sehingga konsumen menjadi nyaman bertransaksi sama kita
Contoh:

Dalam percakapan via chating ataupun telpon kita bisa menggunakan sapaan yang friendly (Mas,mba).jangan membuat percakapan yang terkesan cuek ataupun acuh

5.promosikan Usaha

Hal ini penting adanya,agar usaha serta produk yang kita pasarkan di kenal dengan baik oleh hal layak umum,promosi yang tepat akan menghasilkan benefit yang baik juga.Mempromosikan usaha bukan sekedar beriklan di media sosial ataupun status,tapi juga dalam keseharian seorang marketing.

Contoh:

Pak budi menjadi seorang marketing di bidang otomotif,maka untuk dikenal dan mempromosikan produknya pak budi melakukan.

5.A.memasang banner terkait produk jualannya sehingga masyarakat mengetahui jika membutuhkan produk otomotif bisa ke pak budi

5.B.Membuat kartu nama yang sesuai dengan produk yang di jual


6.Perbanyak Relasi

Salah satu hal yang harus terus menerus di tingkatkan oleh seorang marketing adalah memperbanyak relasi atau kenalan,maka untuk hal tersebut seorang marketing bisa dikatakan wajib memiliki kartu nama dan base data konsumen (Nama,Alamat,Tanggal lahir,Sifat,Hobi,Dan hal yang disukai )

7Pahami produk knowladge

Penjual harus mengetahui produk apa saja yang dijual,hal ini agar penjual tidak salah dalam memahami kebutuhan konsumen,serta bisa memberikan alternatif produk yang di inginkan namun memiliki benefit yang lebih.

8.Jaga hubungan dengan Konsumen

Menjaga hubungan dengan konsumen terlihat memang,apa lagi jika kita melakukan penjualan dengan sistem beli putus,namun jika kita mau melakukannya pasti bisa dan akan memberikan efek berupa kedekatan emosional dengan pihak penjual tersebut.

9.Konsisten

Lakukan promosi terus menerus 

10.Jangan Mudah Putus asa

Ada kalanya setelah berpromosi kesana kemari,menyebarkan brosur kesana kesini namun belum juga mendapatkan hasil yang memuaskan,Bahkan belum juga melakukan penjualan dalam beberapa bulan.temukan hal-hal yang bisa meningkatkan semngat dan mood kita sebagai penjual,agar tidak mengalami keputus asaan saat pasaran sepi

11.Ciptakan antusiasme

12.Keluar dari zona nyaman

saat pencapain atau target penjualan terpenuhi sering kali merasa nyaman dengan hasil yang di raih

“Ah target cuman 3 (Tiga) gampang lah” ,”ah target cuman 100 juta,kemarin jualan aja 150 juta pasti gampang lah “ atau bahasa bahasa yang lainnya yang menganggap gampang, keluar lah dari zona tersebut buat target penjualan untuk diri sendiri dan motivasi diri sendiri

13.Simpan Testimoni konsumen

lakukan manegerial data kepuasan pelanggan dan jadikan refrensi penjualan kita kedepannya,Biasanya konsumen baru akan mempelajari hal ini terlebih dahulu baru menentukan jumlah pembelian

14.Pahami lokasi promosi

Jika dalam penjualan langsung ( Bukan online ) Maka lokasi promosi bisa di pilih di lokasi –lokasi strategis seperti pusat perbelanjaan,pasar tradisional,mini market dll , namun lain hal nya dengan ber promosi di dunia perdagangan online,maka para penjual online harus memahami jam-jam tertentu dimana kebanyakan orang meng akses internet baik untuk melihat medsos atau pun membuka aplikasi chating

15.Membuat strategi penjualan dan target konsumen

sebelum membuat strategi penjualan maka di perlukan riset pasar mengenai produk yang dijual,kompetitor,serta apa yang di butuhkan sama konsumen pada umumnya,jika dalam penjualan online maka juga harus di riset ongkos kirim serta eksepedisi yang benar.

Marketing melakukan riset pasar Penyampaian Ide dan saran ke management
Menjalankan Strategi penjualan Pembahasan Mengenai Gagasan

16.memahami prilaku konsumen

Pahami prilaku atau pola pembelian yang lagi trand di masyarkat,jika saat ini trend menunjukan pembelian lebih kearah online,maka seorang marketing juga harus bisa terjun penjualan online dan mempelajari strategi dalam penjualan online.

17.memaksimalkan teknologi yang dimiliki

perkembangan pola jual beli saat ini sudah banyak beralih dari cara konvensional ( Langsung ) menjadi pola jual beli secara online,dimana pembeli tidak harus lagi kepasar tradisional untuk membeli produk yang di butuhkannya.Lalu bagai mana dengan kita sebagai penjual online,maka kita pun harus maksimalkan aplikasi medsos dan perpesanan yang ada unuk tujuan meningkatkan jumlah penjualan

18.evaluasi

Lakukan evaluasi rutin,bisa mingguan maupun bulanan terkait kinerja kita sebagai tenaga pemasaran yang handal dalam bisnis tersebut,Evaluasi meliputi

*prose promosi

*Jumlah order yang masuk dan yang closing

*kepuasan pelanggan

*Target penjualan


19.Jadikan konsumen Loyal

20.Sadari kita hidup di dunia Nyata


Sulis Setyowati
Owner GBA